Mengenal Personal Branding dan Manfaatnya Bagi Diri Kita

TRUST - Glowing Neon Sign on stonework wall - 3D rendered royalty free stock illustration.  Can be used for online banner ads and direct mailers.

Istilah personal branding belakangan ini mulai ramai diperbincangkan. Tidak cuma di kalangan pelaku bisnis, melainkan hingga ke ranah entertainment. Apa sih sebenarnya yang disebut personal branding itu? Mengapa orang berlomba-lomba melakukan personal branding?

Pada ulasan kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai apa yang disebut personal branding dan apa manfaatnya untuk kita.

Pengertian Personal Branding

Personal branding adalah keadaan ketika kita mempromosikan diri kita layaknya merek.  Dalam prakteknya, orang yang sedang membangun personal branding biasanya mulai mempromosikan diri mereka melalui suatu media. Setiap orang punya caranya sendiri dalam melakukan personal branding. Ada yang mengedepankan pencapaian karir, ada juga yang prestasi dan sebagainya.

Pada intinya, personal branding inilah yang  akan menentukan bagaimana kita ingin dikenal oleh khalayak. Pada langkah awal melakukan personal branding, ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu keterampilan, pengalaman, dan kepribadian. Ketiganya wajib kita kombinasikan untuk membangun personal branding. Tiga hal itu nantinya yang akan membuat khalayak mengenal lebih jauh siapa diri kita dan mempresepsikannya seperti yang kita mau.

 

Manfaat Personal Branding 

Setelah mengetahui apa pengertian personal branding, tentu tidak lengkap kalau kita tidak membicarakan manfaatnya. Sebenarnya banyak sekali manfaat personal branding yang bisa kita dapatkan. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

 

1. Memperoleh Kredibilitas 

Mengenal Personal Branding dan Manfaatnya Bagi Diri Kita

Jika personal branding dilakukan dengan baik, maka akan membuat siapapun mengira bahwa diri kita adalah yang paling ahli di bidang yang kita tekuni. Sehingga peluang bekerja sama menjadi lebih besar.

  2. Relasi Berdatangan

Relasi sangat penting  bagi keberlangsungan hidup dan usaha kita kedepannya. Semakin banyak relasi yang kita miliki, semakin banyak pula hal baik yang bisa  kita dapatkan. Personal breanding yang baik adalah salah satu cara untuk mendatangkan banyak relasi tanpa harus kita sendiri yang mencari.

 3. Memiliki Authoricity

Orang yang giat melakukan personal branding akan mendapatkan identitas atas diri  mereka sendiri. Identitas inilah yang membuat mereka berbeda dengan  orang lain sekaligus menjadikan diri mereka istimewa. Keistimewaan pada diri seseorang  akan memberikan nilai lebih di dunia professional.

 

Siapa yang Wajib Melakukan Personal Branding

Jangan pernah beranggapan bahwa yang berhak melakukan personal branding hanyalah tokoh politik, selebriti, dan pelaku usaha. Ingat, personal branding penting bagi setiap orang tanpa dibatasi oleh jenis pekerjaan yang mereka jalankan. Melalui personal branding, kita akan lebih dikenal dan orang lain akan mudah menemukan kita. Misalnya kita rajin melakukan personal branding dengan mengunggah foto atau video di media sosial. Melalui foto tersebut,  kita akan menciptakan interaksi baru dengan audience dan membuat mereka mengenal siapa diri kita. Ini tentu akan memudahkan para HRD atau investor untuk menemukan kita.

Sebuah  penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70 hingga 80 persen orang melakukan riset pencarian informasi sebelum mereka memutuskan bekerja sama dengan influencer atau brand. Inilah yang menjadikan personal branding penting untuk kita lakukan.

 Jadi, untuk kamu yang ingin terjun ke dunia professional, mungkin personal branding bisa kamu coba. Kamu bisa mulai melakukan personal branding dengan langkah yang mudah. Misalnya dimulai dengan  menyusun media sosialmu sesuai dirimu sendiri dan  mulai aktif berinteraksi dengan  orang sekitarmu. Dengan  begitu, orang lain akan lebih mengenalmu. Sukses dan tidaknya personal branding seseorang terletak pada bagaimana dia bisa konsisten  dengan apa yang ditampilkan dan bagaimana caramu membangun personal branding.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore